Komputer Internet dan Informasi Teknologi

Apakah Pengertian Aplikasi ?

by baho-punya.blogspot.com , at Monday, May 05, 2014 , has 107 komentar
Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang aplikasi , atau menggunakan aplikasi. Tetapi apakah artinya ? Sebuah aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang memungkinkan kita untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Aplikasi untuk komputer desktop ( PC ) atau laptop kadang-kadang disebut aplikasi desktop, dan untuk perangkat mobile disebut aplikasi mobile. Aplikasi akan berjalan dan bekerja di dalam sistem operasi. Mungkin sebagian besar waktu, kita pasti menjalankan atau membuka lebih dari satu aplikasi pada saat waktu bersamaan, dan ini dikenal sebagai multi- tasking.
Baca juga : Sistem Operasi Terbaru Dari China

Jenis aplikasi desktop

Ada aplikasi desktop yang tak terhitung jumlahnya di luar sana , dan masuk ke berbagai jenis kategori. Beberapa mempunyai fitur lengkap seperti Microsoft Word, sementara yang lain hanya dapat melakukan satu atau dua hal ( seperti gadget ). Di bawah ini adalah beberapa jenis aplikasi yang mungkin sering anda gunakan :

Pengolah kata ( Word Processors )Pengolah kata memungkinkan kita untuk menulis surat, desain brosur, dan menciptakan banyak jenis dokumen. Pengolah kata yang paling terkenal sampai saat ini adalah Microsoft Word.
Baca Juga : Cara Mengunci File Microsoft Word


Keuangan pribadi ( Personal Finance ) : perangkat lunak atau software keuangan pribadi, memungkinkan anda untuk melacak dan mengetahui pendapatan dan pengeluaran, membuat anggaran, dan masih banyak lagi. Kebanyakan program keuangan pribadi secara otomatis dapat men-download informasi dari bank tempat anda menyimpan uang sehingga tidak perlu lagi melakukan transaksi secara manual ( Internet Banking ).
Baca juga : Cara Melindungi File Microsoft Exel

Web browser : Sebuah web browser adalah alat yang digunakan untuk mengakses halaman sebuah Web. Sebagian besar komputer baru muncul dengan web browser sudah terinstal, tetapi anda juga dapat men-download yang berbeda sesuai yang di inginkan. Contoh browser yang tersedia pada komputer adalah Internet Explorer, Firefox, Google Chrome dan Safari. Baca Juga : Cara Mudah Memblokir Situs

Games : Ada banyak permainan yang berbeda dan dapat dimainkan di komputer. Misalnya seperti permainan kartu Solitaire. Banyak game action membutuhkan banyak daya komputasi, sehingga mungkin tidak bekerja kecuali anda memiliki komputer dengan spesifikasi yang mendukung, jika belum sebaiknya anda meng-upgrade hardware komputer.

Media player : Kita harus menggunakan media player jika ingin mendengarkan MP3 atau menonton video kita harus men-downloadnya atau membeli disk. Windows Media Player dan iTunes adalah media player populer sekarang ini.



Menginstal aplikasi desktop

Aplikasi dapat di jalankan didalam komputer biasanya harus di instal terlebih dahulu pada komputer anda. Biasanya instalasinya sangat mudah di lakukan seperti memasukkan disk ke cd/dvd room komputer dan mengikuti petunjuknya di layar dekstop. Untuk perangkat lunaknya bisa di dapatkan dengan men-download dari Internet. Banyak aplikasi termasuk file readme ( misalnya readme.txt ), yang mencakup petunjuk instalasi dan informasi lainnya.

Aplikasi mobile

PC dan laptop bukan satu-satunya perangkat yang dapat menjalankan aplikasi. Anda juga dapat men-download aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet, yang membuka banyak kemungkinan baru . Berikut adalah beberapa contoh dari aplikasi mobile :
Baca juga : Sistem Operasi Ponsel Terkenal Saat Ini

RedLaser : Anda dapat menggunakan RedLaser untuk membandingkan harga saat berbelanja. Cukup hanya memindai barcode item dengan menggunakan kamera ponsel built -in , dan aplikasi pencarian web untuk mendapatkan harga yang terbaik.
Baca juga : Aplikasi Game Balap Android

Word Lens : adalah aplikasi penerjemah bahasa. Seperti RedLaser, menggunakan kamera ponsel anda untuk mengambil gambar tanda, menu, atau teks lain yang ingin anda terjemahkan secara langsung akan menampilkan terjemahan untuk anda.

Foursquare : Jika Anda pergi ke sebuah restoran, bar, atau mall, kita dapat "check-in " dengan Foursquare, dan aplikasi ini bisa juga untuk menemukan teman-teman kita yang jaraknya tidak jauh dengan posisi kita berada. Foursquare juga dapat menampilkan daftar bisnis terdekat ( menggunakan telepon built -in GPS ) , yang dapat membantu anda menemukan tempat yang belum pernah di datangi sebelumnya.

Dibandingkan dengan aplikasi tradisional, aplikasi mobile relatif murah. Banyak dari aplikasi ini mengenakan biaya dan ada juga yang menyediakannya secara gratis ( free ). Jika ponsel anda memiliki koneksi internet, anda dapat men-download aplikasi tersebut langsung ke perangkat mobile. Jika tidak, anda dapat men-download menggunakan komputer dan kemudian mentransfernya.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai aplikasi komputer dan mobile, jika anda mengetahui selain yang di tulis di atas. Silahkan berbagi melalui kolom komentar di bawah ini, terima kasih.
Apakah Pengertian Aplikasi ?
About
Apakah Pengertian Aplikasi ? - written by baho-punya.blogspot.com , published at Monday, May 05, 2014, categorized as Teknologi . And has 107 komentar
Next Older Post
107 komentar Add a comment
keren kang infonya.. tambah ilmu saya, :D
kalau ilmunya sudah banyak jangan lupa di share yaa sob, berbagi ilmu itu sangat menyenangkan :)
Delete
lebih menyenangkan lagi kalau bagi duit...:p
Delete
Saya malah lebih suka Ilmunya deh Mas Ferdon + Kang Lembu
Kalau duitnya yah boleh juga deh hehehhe :D Salam sukses terus ya Mas ?
Delete
Berbagi ilmu selain menyenangkan dapat pahala yang Kang. Terimakasih telah berbagi Kang
Delete
Reply Delete
makasih gan informarsinya, bermanfaat banget nih
semoga manfaatnya sesuai dengan harapan mas Dimas yaa, :D
Delete
Reply Delete
jadi ngerti peruntukan Aplikasi komputer desktop dan laptop plus perangkat aplikasi mobile. karena di bahas dengan gamblang dan dan terang benderang disini,,

thx berat sharingnya
seperti bulan purnama yang terang di malam hari yaa kang, hahahaha
Delete
Reply Delete
penjelasan beserta contoh 2 yg sangat mendetail mas,sangat berguna
nanti kalau ga berguna di baca pengunjung mas, wkwkwkwkw
Delete
Reply Delete
saya aja yang sering menggunakan aplikasi, tidak bisa menjelaskan apa itu aplikasi.. terimakasih artikelnya menambah ilmu :D
yaa iya lah mbak Dewi, mbak kan pakar kesehatan manusia nanti kalau sobat - sobat blogger termasuk saya sakit kan tinggal datang ke tempat mbak Elsa, hehehehe
Delete
Reply Delete
wah baru tau pengertian aplikasi :D
silahkan di share gan, saya akan senag sekali kalau agan bersedia membagikannya, :D
Delete
Reply Delete
ohh jadi gitu ya.. tapi kira2 sama saja kan software sama aplikasi itu? :)
kalau menurut saya sama saja gan, itu menurut pandangan saya yaa. :D
Delete
Reply Delete
wah saya dapat pencerahan baru lagi nih mampir di sini :)
saya juga begitu mas kalau berkunjung ke tempatnya mas Yobert, hehehehe
Delete
Reply Delete
wah saya malah baru tahu mas tentang definisi aplikasi, selama ini hanya suka pakai aplikasi saja :D
mbak Eka nih bisa ajah, tetapi thanks yaa mbak sudah mampir ke sini :)
Delete
Reply Delete
Thanks infonya mas,, tambah ilmu baru nih mengenai aplikasi
oke sob, sama - sama. semoga bisa menambah wawasan :)
Delete
Reply Delete
alhamdulillah jadi sedikit2 thu saya...ternyata definisi aplikasi adlh jenis perangkat lunak yang memungkinkan kita untuk melakukan tugas-tugas tertentu. salam hangat dan hormat :)
waah, salam hangat juga mas Jagad. dan salam saling menghormati juga mas. :)
Delete
sama2...salam saling hormat menghormati :)
Delete
Reply Delete
wah dua jempol buat mas ferdon deh... saya angkat tangan mas.. nggak ngerti sama sekali kalau harus menjabarkan seperti artikel mas ferdon ini... hehehe terimakasih deh mas.. saya sedikit mengerti pengertian aplikasi walaupun ada beberapa istilah yang asing buat saya hehehehe
kalau dua jempolnya di angkat ke atas jadinya joget dangdut yaa mas, mari mas Nady goyang, hahahahaha
Delete
Reply Delete
Wah, tambah mantap mak jeb nih. Biasanya saya tahunya hanya tinggal makai sebagal aplikasi yang ada. Namun setelah mebaca artikel di sini jadi nambah pengetahuan saya. Trims informasinya Kang.

Salam
senag sekali rasanya kalau bisa membantu menambah pengetahuan, oke mas Indra sama - sama.
Delete
Reply Delete
Bedanya aplikasi sama software apa ?
kalau menurut saya sama saja mas, cuman cara mengoperasikannya saja yang berbeda :)
Delete
Reply Delete
sampai sekarang saya belum pernah mencari apa itu pengertian aplikasi, padahal ini sering ditemukan pada setiap penggunaan komputer... :)
makasih infonya mas...
siip mas Ficri, jika berkenan silahkan di share ke teman - teman yang lain yaa
hehehehe
Delete
Reply Delete
Banyak aplikasi di kompi kadang nggak paham maksud dan penggunaannya..
Makasih gan, bermanfaat banget
Oke mas, semoga bisa menambah wawasan kita bersama :)
Delete
Reply Delete
jadi malu maz , , , sering bilang aplikasi , , ternyata nggak tau artinya , ,
untung ada maz ferdon niyh yang kasih pencerahan , ,
thanks ya maz
sama - sama mas Ibnu, saya juga masih dalam tahap pendalaman. :)
Delete
Reply Delete
dari semua aplikasi diatas, kayanya kudu nyoba yang Personal finance deh, secara bisnis ubi saya kan butuh pemantauan keluar masuk orderan....wuih bakalan tambah kaya pengusaha aslinya deh nih...
makasih udah menaikkan performe saya ya...:D
benar tuh mas Cilembu, supaya kelihatan profesional manajemennya, :D
Delete
Reply Delete
sudah lama tahu tentang Foursquare tapi belum niat untuk gabung hehe....
kenapa tidak berniat mas, kan seru tuh bisa lihat tempat - tempat nongkrong yang asyik, :)
Delete
Reply Delete
sering menggunakan aplikasi, tapi tidak tau artinya ni mas,,,,, hehehe
baru tau habis baca artikel pengertian aplikasi :D
Reply Delete
berarti bisa di jadikan referensi nih artikelnya, hehehehe
Reply Delete
khususnya buat saya sendiri artikel diatas adalah pelajaran baru,maklum saya masih baru dalam hal yang beginian hehe,,,,Terimakaish mas untuk artikelnya ,,,,,,,,,
Reply Delete
aplikasi itu bisa didefinisikan banyak makna yaa..
nice artikel gan :)
Reply Delete
saya semakin memahami apa itu aplikasi setelah membaca artikel ini...luarbiasa..
keep happy blogging always..salam dari Makassar ;-)
Reply Delete
Foursquare salah satu aplikasi yang masih setia menemani di hp saya :)
Reply Delete
Jadi lebih menambah wawasan saya tentang berbagai
Aplikasi makasih Mas Ferdon atas berbaginya
Reply Delete
Thanks ilmunya mas, siapa tahu pas TIK ada soal tentang aplikasi,
Reply Delete
kalau yang beginian saya belum paham Mas, tentang aplikasi saya awam sekali terimakasih infonya..
Reply Delete
Kereeenn Nihhh Ilmu barunyaaa kang Lengkap Benerr dahhh hehe saya izin Copy yah Buat Referensi bahan Pembelajaran hehe :)
Reply Delete
kalau membaca semua ulasan diatas, jadi bikin tersenyum sendiri mas, kenapa? karena selama ini saya selalu menggunakan aplikasi ini, aplikasi itu, yang diketahui hanyalah produknya saja sedangkan arti dari aplikasi sendiri tidak tahu heheee terimakasih mas dengan ulasan artikel ini, saya jadi lebih paham sekarang..
Reply Delete
pengertian aplikasi yang sangat mencerahkan mas, jadi kita dihrapkan tidak hanya suka pakai aplikasi saja, akan tetapi pemahaman tentang pengertian aplikasi juga perlu :)
Reply Delete
banyak sekali jenis jenis , jadi saya lebih tahu tentang aplikasi,, maksih sob :)
Reply Delete
meskipun saya sering pakai, tapi ga pernah terpikirkan sama sekali pengertian aplikasi, ternyata seperti itu yia bos, thx infonya yia bos...
Reply Delete
Bisa nyebut aplikasi tapi ga tau artinya, selama ini itulah yang saya lakukan.. hhe, makasih buat info mengenai aplikasinya ya gan.. :)
Reply Delete
Memang aplikasi itu menjadi penting untuk kebutuhan sehari-hari bagi yang menggunakan komputer maupun laptop, makasih mas ulasannya cukup ilmiah tinggal dilengkapi sumber referensinya aja hehe
Reply Delete
Good pos master.
Selama ini sy mengartikan sendiri, aplikasi = sesuatu yg di tambahkan, dng masing2 fungsi.
Tks 4 share.
Reply Delete
Walau sudah sering menggunakan, saya malah baru tau artinya sob..
Reply Delete
balik lagi nyimak artikel tentang pengertian aplikasi ini yamas.sangat bermanfaat nih sharingnya
Reply Delete
Berbagi ilmu selain menyenangkan dapat pahala yang Kang. Terimakasih telah berbagi Kang
Reply Delete
berbicara aplikasi memang rata2 saat ini semua menggunakan aplikasi dan banyak diantaranya yang belum mengerti apa itu aplikasi. saya rasa artikel ini memang bermanfaat.
Reply Delete
sekarang ini pengertian aplikasi sering diterapkan untuk bidang lain ya mas..sy sendiri kata aplikasi sering digunakan untuk pekerjaan sehari, misalkan thinner untuk aplikasi cat polyurethane dll

nyimak dan bermanfaat mas
Reply Delete
walau sering dengar tapi masih ada info yang menarik mas..
Reply Delete
wew ada OS dari cina toh :) hebat emang cina yah dalam segala bidang ga mau kalah, bangsa kita kapan yah
Reply Delete
Mungkin ada sedikit tambahan mas, aplikasi dibagi menjadi 3. Aplikasi pertama adalah bios, kedua adalah sistem operasi, dan aplikasi yang kita kenal ini adalah aplikasi pihak ketiga.

Itu dari guru saya :)
Reply Delete
waw berita bagus, baru tau klo cina ngeluarin OS juga yah bener2 keren lah
Reply Delete
Kebanyakan orang emang selalu bilang "saya punya aplikasi ini aplikasi itu" dan tak tau pengertian aplikasi itu sendiri. Thanks sharingnya gan :)
Reply Delete
Sangat lengkap sekali mas penjelasannya,terimakasih mas infonya.
Reply Delete
hal setiap hari saya gunakan malah baru tahu sekarang "definisninya"
makasih sob infonya
Reply Delete
virus juga termasuk aplikasi ga sob?
Reply Delete
hadir lagi menyapa sahabat..lama tak bersua nich,,,,,
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)
Reply Delete
sekarang kita ditawarkan ribuan bahkan jutaan aplikasi baik yang gratis maupun yang berbayar yah mas Ferdon, kita ambil yang memang penting saja , makasih sahringnya mas :)
Reply Delete
Info yg sangat menarik gan. Ijin bookmark buat lebih memahami lg
Reply Delete
Ijin bookmark gan, menarik infonya
Reply Delete
Menarik infonya gan
Reply Delete
Maksih infonya gan, ijin bookmark.
Reply Delete
virus itu termasuk apa mas.?
Reply Delete
hadir kembali menyapa sahabat :-D
Reply Delete
selamat lebaran..mohon maaf lahir batin,
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)
Reply Delete
wah nambah pengetahuan lagi nih :D
Reply Delete
met siang mas baho gimana khabarnya koq lama nggak nongol
iya nih mas baho kemana ya -_-
Delete
Reply Delete
pengertiannya luas ya gan .. kalau diduniaku aplikasi nasabah lah yang paling berharga :) hehehe .. salam kenal yaw...
saya baru tau definisinya, padahal suka pake hehehe, salam
Delete
terima kasih sdh berbagi ilmu
Delete
Reply Delete
Wah Artikel bermanfaat nih gan :)

Cerita Update
Lirik Lagu Indonesia
Reply Delete
berbagi itu indah...
ikut gabung ya.
Reply Delete
izin nyimak y saya...lama g berkunjung :)
Reply Delete
Saya kira aplikasi itu yang ada di game game maupun software itu aja eee ternyata penjabaranya begini yaaaa?
Reply Delete
yang saya tahu aplikasi itu semacam perangkat lunak, ternyata definisi nya sangat luas ya mas ;)
Reply Delete
emm,,,, jadi tau pengertian aplikasi sekarang.
nuhun gan infonya.
Reply Delete
kemana aja nih mas
nggak ada loe nggak rame
Reply Delete
Salam Mas Baho apa kabar nya ayo Mas semangat lagi ngeblognya
Reply Delete
Biasanya aplikasi gratis banyakan yang gk bagus ya

kenapa begitu?
Reply Delete
Makasih gan.. ane jadi ngerti..
Reply Delete
wah siap gan terimakasih ya sudah di kenalkan seperti itu
Reply Delete

Terima kasih telah berkunjung, berkomentar lah yang sopan sesuai dengan artikel dan dilarang keras :
1. spam, rasis
2. promosi
3. berkomentar blogwalking
4. link aktif

Bck
Cancel Reply
Subscribe Here

Sign up untuk berlangganan.

Blog Directory
Copyright ©2013 Baho Punya by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->