Komputer Internet dan Informasi Teknologi

Mengenali Infeksi Virus Komputer

by baho-punya.blogspot.com , at Tuesday, February 18, 2014 , has 60 komentar

Komputer

Alasan mengapa kebanyakan malware komputer sangat mematikan karena banyak pengguna gagal untuk mengenali apakah komputer telah terinfeksi atau tidak. Pengguna yang mengetahui dan telah mendeteksi infeksi pada tahap awal , kerusakan yang disebabkan bisa saja sangat berkurang . Karena setiap virus diprogram secara berbeda - beda , sehingga menjadi sulit untuk mengidentifikasi wabah virus. Di bawah ini ada beberapa gejala umum yang mudah untuk mendeteksi komputer yang terinfeksi virus. Berikut ini beberapa di antaranya :

Program tidak akan memulai
Jika beberapa program sistem seperti task manager atau registry editor tiba-tiba berhenti bekerja atau crash secara acak tanpa alasan yang terlihat, itu mungkin bahwa komputer anda telah mendapat beberapa bentuk virus yang melampirkan sendiri ke berbagai program dan dengan demikian merusak kode. Cara untuk mecegah hal ini anda bisa baca Tips Mencegah Virus Masuk Ke Komputer, penyebab hal lain adalah virus memodifikasi entri registry untuk mencegah program ini berjalan.

Tidak Bisa Koneksi Jaringan Internet
setelah menutup browser dan aplikasi lain yang menggunakan internet, anda melihat bahwa komputer masih men-download atau meng-upload sesuatu, maka komputer mungkin terinfeksi dengan beberapa bentuk spyware yang telah ter-download virus lain ke komputer atau meng-upload informasi pribadi anda ke komputer remote. Jika anda menggunakan koneksi wifi , mungkin juga bahwa tetangga anda menggunakan jaringan internet wifi anda. Untuk mengamankan wifi anda lihat tips mengamankan jaringan wifi. Penyebab lain adalah provider yang anda gunakan mungkin mengalami gangguan jaringan atau kuota modem anda sudah habis.

Mengenali Infeksi Virus Komputer

Koneksi Internet lambat
Jika tiba-tiba, koneksi internet anda telah berhenti bekerja atau telah menjadi extermely lambat , salah satu penyebabnya adalah malware. Apabila anda menggunakan modem mungkin port usb komputer anda bermasalah caranya bisa di lihat di Cara Mengatasi USB PORT Tidak Berfungsi. Tetapi bisa saja masalah dengan penyedia layanan internet yang anda juga bisa juga menjadi penyebab masalah tersebut.

Redirection Website Aneh (Popup Annoying )
Jika telah terjadi peningkatan jumlah popup yang mengganggu saat browsing internet atau web browser mengarahkan anda ke situs web yang berbeda dari yang di inginkan, penyebabnya adalah virus atau adware.

Komputer tidak boot
Jika komputer tiba-tiba berhenti boot, masalahnya adalah mungkin beberapa malware telah memodifikasi file sistem komputer anda. Dalam situasi seperti ini , solusi satu – satunya dengan menginstal ulang atau memperbaiki sistem operasi komputer. Program dimulai secara otomatis, beberapa virus dan adware secara otomatis memulai program aneh pada komputer anda untuk menunjukkan iklan yang tidak diinginkan atau hanya untuk menggagalkan pengguna .

Asosiasi File
Beberapa virus mengubah exe atau asosiasi file lain yang mencegah file-file ini untuk di buka dan di gunakan. Beberapa virus juga melakukan ini untuk secara otomatis memulai diri ketika sebuah file dari jenis tertentu di gunakan pengguna komputer.

Security Software Dinonaktifkan
Kebanyakan malware dan firewall menonaktifkan antivirus untuk mencegah terdeteksi. Jika hanya satu perangkat lunak berhenti bekerja , mungkin menjadi masalah kegagalan perangkat lunak tertentu . Teatapi jika itu adalah kecenderungan umum dan hampir setiap perangkat lunak keamanan menghadapi masalah ini , infeksi virus yang paling mungkin .

Perilaku Aneh
Jika komputer anda secara otomatis mulai mengirim email atau membuka aplikasi yang aneh secara acak atau melakukan hal-hal yang berbeda dari " normal" ( tidak seperti biasanya ) , komputer anda kemungkinan besar terganggu oleh malware. Sebagian besar infeksi malware dapat dihindari dengan menggunakan perangkat lunak antivirus yang kuat dan mengikuti beberapa praktek keamanan komputer seperti : 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar jika ada kesalahan dan kekurangan yang belum saya, terima kasih.
Mengenali Infeksi Virus Komputer
About
Mengenali Infeksi Virus Komputer - written by baho-punya.blogspot.com , published at Tuesday, February 18, 2014, categorized as tips and tricks . And has 60 komentar
60 komentar Add a comment
dulu komputer saya sering terkena virus mas dan bisanya lelet intenet itu yang biasanya saya alami namun sekarng saya pake DF supaya virusnya bisa teratasi ..
This comment has been removed by a blog administrator.
Delete
kalau saya seneng pakek avast , ,hehehe
virus virusnya mati , ,
Delete
berarti kompi kita security nya sama mas, saya juga pake avast
:D
Delete
@Nucky : oke gan, berarti masalahnya sudah terkendali dan aman :)
@ Saud : oke - oke mas semoga bisa membantu
Delete
Reply Delete
Saya make komputer nya sih mau cuma kalau sudah terkena vaksin virus
Wah saya kurang hapal Mas Ferdon, ijin belajar memawami infeksi virus
Makasih yah Mas Ferdon, sudah berbagi yang bermanfaat :)
waah mas Saud gak usah pake izin mas setiap orang bebas memahaminya :)
saya malah mau belajar di temaptnya mas Saud ini
:D
Delete
Reply Delete
sangat menjengkelkan banget deh pokoknya kalo kompie dah terkena virus, yang jelas kalo kompie dah kena virus saya merasa ada yang janggal aja gitu :)
itu dia mas Marnes masalahnya ada sesuatu yang janggal, hehehehe
tapi software antu virusnya di tempatnya mas Marnes banyak tuh makanya saya sudah santai mas
hehehehe
Delete
Reply Delete
Jadi malware juga menjadi salah satu penyebab lemotnya koneksi ya, Mas Baho? thanks dech infonya....
benar sekali Kang Sun, sudah lama nih saya tidak mampir ke tempatnya Kang Sun. thanks Kang sudah berkunjung
:)
Delete
Reply Delete
apakah komputer saya kemaren kena virus??
soalnya gak bisa booting
bisa iya bisa juga nggak mas, mungkin juga karena kerusakan pada hardware
:)
Delete
Reply Delete
hemz . . .
selamat siang maz ferdon , , ,
virusnya lumayan menyeramkan ya maz . . .
iya gan, seperti film horor tuh seramnya
hehehehe
Delete
Reply Delete
Wah bertambah lagi kekurangan tauan saya soal VIRUS Komputer
kalau saya bertambah kurus akibat virus mas :D
Delete
Reply Delete
dulu sebeum saya percaya ama nod32 kompi sya rentan banget kenak virus gan harus bolak balik di instal ulang.. emang namanya virus membuat spaneng.. hehe
darah tinggi cepat naik di buat virus ini mas :)
Delete
Reply Delete
kalau saya di hp mungkin problemnya karena kepanasan terlalu lama dipakai internetan jadi dia tiba2 ngehank sendiri
mungkin juga mbak, saran saya seh kalau sudah selesai internetan settingan network internet di matiakan ajah mbak biar hemat baterai
:)
Delete
Reply Delete
kalau yang saya biasanya temuin adalah task managernya tidak bisa di buka gan... :)
hehehehe, itu tanda - tanda juga mas kalau si virus sudah mulai beraksi
Delete
Reply Delete
klo boleh tau avast sma AVG bgusan mana ya?
tergantung kompinya mas, kalau saya sendiri pakai avast dan smadav
saya pernah coba pakai avg kompi saya tidak sanggup karena avg terlalu berat ukurannya buat komputer saya
:)
Delete
Reply Delete
Mas baho jago banget urusan begini. Saya mah perlu belajar nih :)
hahahahaha, ada - ada mas Robin ini,mari kita sama - sama belajar :D
Delete
Reply Delete
jadi namabah pengetahuan nih sob,saya pernah dibikin stres sama laptop saya,yaitu terserang virus,tapi saya tidakbisa berbuat apa-apa karena ketidaktahuan saya ini,ahirnya laptop saya dibawa oleh teman saya ke ahli ( IT ) kemudian diformat ualang agar virusnya terbuang,ternyata memang benar,setelah itu kembali normal deh hehehe
mas Dede tahnks u sudah mampir, pengalaman yang sangat berharga itu mas tetapi mas enak kan ada teman yang ahli mengatasi masalah seperti itu
sekali lagi terima kasih mas sudah berbagi pengalaman :)
Delete
Reply Delete
menjengkelkan sekali bila komputer terkena virus....
karena jengkelnya sama virus saya sempat makan jengkol mentah mas
hahahaha
Delete
Reply Delete
sepertinya lapstop kadang aneh, hank, jangan2 sudah terinfeksi, thx tipsnya sdh mengingatkan
sama - sama mas Oyo
thanks u mas sudah berkunjung :)
Delete
Reply Delete
thanks infonya gan . .
salm kenal , , ,
salam kenal juga sob
dan salam blog ger
Delete
Reply Delete
makasih mas baho.. emg sangat menjengkelkan kalauurusan samayang namanya virus PC :D
Reply Delete
benar mas, darah tinggi pun bisa kumat
hahahaha
Reply Delete
Alhamdulillah semua yang jadi ciri ciri kompi kena virus belom terjadi, moga azh ngga pernah...palingan koneksi bukan suka lemot doang, tapi hampir tiap hari...maklum di desa kali y.....makasih ilmunya ah
kecup basah mas Cilembu, mari sama - sama mas
:)
Delete
Reply Delete
Alhamdulillah semua yang jadi ciri ciri kompi kena virus belom terjadi, moga azh ngga pernah...palingan koneksi bukan suka lemot doang, tapi hampir tiap hari...maklum di desa kali y.....makasih ilmunya ah
Reply Delete
wah bahaya juga yah mas kalau sampai komputer kita terkena virus, dulu komputer saya pernah kena malware sering muncul iklan-iklan yang tidak diinginkan, makasih ilmunya mas :)
sama - sama mas Anthonie, semoga bisa mengatasi permasalahan kompinya
:)
Delete
Reply Delete
Kalo dah di serang virus pasti kompi jadi lelet ? huhuuu
iyaa mas, karena saya pernah mengalami hal seperti kompi lelet
:D
Delete
Reply Delete
kalu saya sendiri suka pakek avas sama avg mas
berarti sudah di tembok dengan yaa sob pertahanan kompi nya
:)
Delete
Reply Delete
Wah terimakasih mas penjelasanya. Kalau di tempat saya sih saya curiga dengan kabel sambungan modemnya mas..
coba di cek mas, kalau di biarkan berlama - lama nanti makin parah
:)
Delete
Reply Delete
Saya akhir-akhir ini sering mengalami alamat DNS server untuk speedy yang tiba-tiba hilang, padahal saya pake DF, kira-kira itu karena malware atau karena hal lain ya ..?
kalau menutut saya itu bisa karena ke dua duanya mas, masalah jaringannya speedynya atau karena malware. coba di scan ajah dulu mas kalau hasilnya tidak ada virus berarti jaringan speedy ada gangguan
:)
Delete
Reply Delete
kalau saya cuma waspada sama virus dari flashdisk orang sob.. karena yang paling rentan-kan ya dari virus flashdisk seperti autorun gitu.. bwt thanks infonya nih... nambah ilmu lagi
tepat tuh sob, virus dari flashdisk memang sangat berbahaya
:)
Delete
Reply Delete
anti virus yang bagus tu ap mas? salam sukses
tergantung dari keinginan kita sob, saya sendiri pake avast dan smadav
:)
Delete
Reply Delete
Suatu ulasan yang menarik tentang virus Kang Baho. Keren dah
saya akan menarik mas Dhicom karena saya hampir jatuh karena pujiannya
hahahaha
Delete
Reply Delete
cerdas, lengkap dan simpel mudah dipahami... thx tentang uraian infeksi virusnya
thanks Kang, sama - sama :)
Delete
Reply Delete
Untuk pengamanan saya sekarang pake antivirus bawaan microsoft mas Baho.. sampe sekarang untung masih bisa diatasi dan tidak ada masalah..
oke mas Hari, memang bawaan microsoft banyak yang bilang lebih ampuh
:)
Delete
Reply Delete

Terima kasih telah berkunjung, berkomentar lah yang sopan sesuai dengan artikel dan dilarang keras :
1. spam, rasis
2. promosi
3. berkomentar blogwalking
4. link aktif

Bck
Cancel Reply
Subscribe Here

Sign up untuk berlangganan.

Blog Directory
Copyright ©2013 Baho Punya by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->