Komputer Internet dan Informasi Teknologi

Melindungi Komputer Dari Ancaman Virus Internet

by baho-punya.blogspot.com , at Saturday, April 19, 2014 , has 35 komentar
Virus , trojan horse , worm , dan spyware adalah semua ancaman yang dapat merusak sistem komputer kita. Kita tahu bahwa perlu untuk melindungi komputer, tetapi dengan begitu banyak program antivirus yang beredar di pasaran bagaimana kita tahu apa yang terbaik untuk kebutuhan spesifik komputer ? Dalam pembahasan kali ini, kita akan meninjau jenis perlindungan antivirus yang di butuhkan dan bagaimana anda dapat menentukan produk mana yang terbaik untuk kenyamanan komputer.

Perlindungan apa yang di butuhkan ?

Pertahanan terbaik terhadap ancaman virus dari internet adalah perangkat lunak ( sortware ) antivirus yang baik , atau anti - malware seperti yang sudah kita kenal dan banyak yang menyediakannya. Perangkat lunak antivirus dapat melindungi komputer anda dari lampiran email yang terinfeksi , website yang korup, worm Internet dan spyware. Ada banyak sekali produk antivirus, sehingga mencari tahu apa yang benar - benar di butuhkan dapat menjadi membingungkan. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan hal-hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan program anti virus ke dalam komputer.
Baca juga : Cara Mengatasi Email Spam

http://baho-punya.blogspot.com/2014/04/aplikasi-game-balap-android.html

Perlindungan anti virus itu sebaiknya harus mencakup tiga komponen berikut :
Antivirus : Secara khusus melindungi terhadap virus.
Anti- spyware : Melindungi terhadap perangkat lunak berbahaya yang dapat mengumpulkan informasi anda tanpa sepengetahuan anda.
Firewall : munculnya ancaman di layar yang mencoba untuk mencapai komputer anda melalui jaringan internet.
Beberapa suite keamanan menawarkan banyak perlindungan tambahan, tetapi ini tiga komponen di atas adalah tiga komponen utama yang paling di butuhkan.
Baca juga : Mengenali Infeksi Virus Komputer

Keamanan Suite

Sebagian besar perusahaan antivirus menawarkan produk baik yang berdiri sendiri yang hanya memindai virus dan keamanan suite dan menawarkan paket perlindungan tambahan seperti firewall , spam filtering , dan alat-alat anti - spyware lainnya. Keamanan suite umumnya lebih mudah untuk mengelola dan menawarkan berbagai macam perlindungan , yang dapat berguna untuk seorang pemula. Namun, dalam beberapa kasus fungsi tambahan suite tidak sebagus produk yang berdiri sendiri. Selain itu, beberapa suite memiliki kecenderungan yang dapat memperlambat komputer.
Baca juga : Kesalahan Browser Internet

Produk Yang Berdiri Sendiri

Pengguna komputer yang sudah mengerti mana perangkat lunak yang baik itu kadang-kadang lebih memilih untuk meneliti dan memilih produk terbaik di setiap komponen masing-masing dan membangun sistem keamanan mereka sendiri. Ada sejumlah program antivirus gratis yang tersedia menawarkan perlindungan yang baik. Namun, banyak juga antivirus gratis memiliki versi trial ( percobaan ) sehingga kita di paksa untuk selalu update. Kerugian dari antivirus gratis adalah bahwa mereka sering tidak termasuk dukungan teknis serta kemampuan memperbarui dan mungkin memiliki fungsi terbatas.
Baca juga : Mitos Virus Komputer

Scareware

Link berbahaya yang menyamar sebagai peringatan keamanan telah menjadi suatu taktik populer dan menyebabkan tindakan kriminal di dunia maya. Pemberitahuan tampak resmi ini memperingatkan bahwa komputer Anda memiliki virus dan mengklaim bahwa perlu untuk mengklik link atau men-download program untuk memperbaikinya. Mereka mencoba untuk menakut-nakuti anda dan menyuruh untuk mengklik link , tetapi dalam kenyataannya mengarah ke link malware yang dapat merugikan anda. Kata untuk jenis penipuan adalah scareware . Scareware juga muncul di banyak iklan perangkat lunak antivirus , sehingga ketika memulai browsing pastikan anda memeriksa domain alamat dan mengunjungi situs-situs yang sah untuk penelitian. Sekarang anda boleh menilai kebutuhan dan menentukan apakah ingin produk yang berdiri sendiri ( berbayar ) atau suite keamanan ( gratis ). Baca juga : Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa Di hapus

Strategi untuk menggunakan perangkat lunak antivirus

Yang paling penting untuk di ingat adalah bahwa virus baru sekrang diperkenalkan secara konstan. Oleh karena itu, perangkat lunak antivirus harus selalu update terbaru . Ikuti strategi ini untuk memastikan telah menggunakan perangkat lunak antivirus secara efektif :
Pastikan fungsi update otomatis diaktifkan .
Jangan abaikan pemberitahuan pembaruan Anda . Setelah langganan  berakhir, anda akan berhenti menerima pembaruan. Mungkin ada saat-saat ketika kita perlu menonaktifkan antivirus untuk memungkinkan program tertentu agar bisa berjalan, upgrade , atau download . Pastikan anda jangan lupa untuk mengaktifkan kembali program anti virusnya ketika selesai menjalankan program atau mendownload. Antivirus harus memberikan instruksi khusus untuk menangani masalah sulit, tetapi jika anda mengalami kesulitan atau masalah sebaiknya hubungi kontak penyedia layanan dukungan teknis. Jika anda tidak puas dengan salah satu anti virus, pastikan untuk meng-uninstall sebelum menginstal suatu produk baru.  Baca Juga Cara Menguninstall Software Sampai Ke Akarnya
Sampai di sini yang bisa saya sampaikan untuk mengamankan komputer dari hal - hal yang tidak di inginkan, mohon berikan saran dan kritik apa bila ada kesalahan dalam penulisan, terima kasih. 
Melindungi Komputer Dari Ancaman Virus Internet
About
Melindungi Komputer Dari Ancaman Virus Internet - written by baho-punya.blogspot.com , published at Saturday, April 19, 2014, categorized as tips and tricks . And has 35 komentar
35 komentar Add a comment
Masalah perlindungan pasrah apa kata suami sob, enggak ngerti beginian hehehhe
berarti suaminya mbak Nunu yang lebih paham yaa :D
Delete
Reply Delete
saya masih lagi menggunakan antivirus yang percuma (gratis) itu..
tidak masalah Mizz, asalkan sering di update ke yang terbaru :)
Delete
Reply Delete
Lengkap sekali tutorialnya :D
yang belum saya coba, saya praktekan,,
kenapa belum di caba sob, mungkin karena terlalu sibuk yaa ?
hehehehe
Delete
Reply Delete
komputer saya aman2 saja bos, padahal ga pake antivirus apapun, mungkin virusnya takut sama saya karna saya pake linux yia bos, hehehe...
hahaha, mungkin juga mas. tetapi kenapa android bisa kena virus yaa mas ?
Delete
Reply Delete
Sekarang ini banyak anti virus mengaku semua nya terbaik ya Kang. Kalau menurut kami anti virus yang baik adalah yang bisa Up-date

Terimakasih tipsnya Kang
thanks mas Dhicomp sudah memberikan masukan. :)
Delete
Reply Delete
antivirus yg sob..rekomendasikan bg pengunjung blog ini bagusnya apa ya sob..!
avast aja sob,, sudah terbukti
Delete
pake esetnod smart security bro mantap melawan virus
Delete
Betul kata Mas Yusuf saya pake Avast semua file
yang terjangkit virus mati dan habis semua :)
Delete
@Aldino Sya : yang di katakan mas Yusuf dan mas Saud benar sekali sebaiknya menggunakan avast karena saya juga memakai avast yang sudah berlisensi sampai 2018
@Fat Holla : thanks mas sudah merekomendasikan :)
Delete
Reply Delete
perlu hati-hati berari ya mas kalau akses internet, soalnya banyak virus berkeliaran. harus dicoba nih tips nya biar komputer awet dan terhindar dari berbagai virus ;)
sangat di perlukan memang mbak kehati - hatian kala kita sudah berselancar di dunia internet :)
Delete
Reply Delete
penting sekali nih mas, laptop saya yg lama rusak karena terkena virus dan skrg tdk bisa digunakan lagi :(

makasih tipsnya :)
waah, sayang sekali laptopnya mbak Indri
sudah mencoba di instal ulang mbak ?
Delete
Reply Delete
wow... mantab banget nih tips-nya.. makasih mas Ferdon , dengan begini maka pengguna internet harus lebih berhati-hati ya mas,,,,terutama yang menggunakan Free Antivirus
tepat sekali mas Yusuf, thanks yaa sudah menambahin isi artikel :)
Delete
Reply Delete
Kalau laptop ane udah kena duluan gan, mana sampai sekarang udah jadi aneh, sebagian program-nya udah pada gak bisa dibuka, terutama system restore-nya yang gak bisa digunakan.

BIsa dicoba nih kalau misalkan laptop udah bener lagi entar.
kalau sudah begitu jalan terbainya instal ulang ajah mas Dzaky :)
Delete
Reply Delete
Thanks sharenya mas,, boleh dicoba,, kebetulan saya didunia internet trus
oke sob, silahkan di coba biar komputernya aman :D
Delete
Reply Delete
Penting sekali nih Mas Ferdon, dengan menjaga komputer dari ancaman
Virus maka akan menghemat masa Install ulang windows yah Mas
Makasih atas tips nya salam sukses :)
sama - sama mas Saud, salam sukses juga buat kita semua :)
Delete
Reply Delete
Memang sangat penting jaman sekarang komputer harus mempunyai anti virus supaya aman :)
iya benra mas Yobert, untuk kenyamanan saat kita menggunakan komputer :)
Delete
Reply Delete
selama ini saya percayakan pada Baidu mas, untuk sistem keamanan komputer saya
Reply Delete
virus memang selalu merepotkan ya maz , , ,
Reply Delete
sama dengan yang dilakukan kang gondes, saking percayanya saya serahkan segala sesuatu hal yang menyangkut per virusan sama pak Baidu....gimana lagi atuh?...:)
Reply Delete
antivirus harus selalu upto date ya mas, biar bisa cegah virus yang datang dari internet. semoga aja komputer saya sehat selalu ;)
Reply Delete
artikelnya menarik, salam blog walking.. ditunggu kunjungan baliknya.. :)
Reply Delete
memang harus waspadai ya mas. terima kasih atas pencerahannya.
Reply Delete

Terima kasih telah berkunjung, berkomentar lah yang sopan sesuai dengan artikel dan dilarang keras :
1. spam, rasis
2. promosi
3. berkomentar blogwalking
4. link aktif

Bck
Cancel Reply
Subscribe Here

Sign up untuk berlangganan.

Blog Directory
Copyright ©2013 Baho Punya by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->