Komputer Internet dan Informasi Teknologi

Windows Registry

by baho-punya.blogspot.com , at Friday, January 03, 2014 , has 35 komentar

Apakah Windows Registry Itu ?

Aplikasi yang telah di instal pada windows dengan file konfigurasi yang memiliki eksistensi atau inisial. Dalam windows ini memiliki dua file konfigurasi, yaitu :
  1. Win.ini : untuk mendefenisikan pengaturan user atau pengguna, seperti bahasa, warna, walpaper dll.
  2. System.ini : untuk mengkonfigurasikan yang di gunakan windows dari mesin tersebut seperti audio card dan vga.
Akhirnya satu file ( Reg.dat ) di gunakan untuk menghubungkan file dengan program dan mendefenisikan program mana yang akan di gunakan untuk membuka file dengan eksistensi tertentu. Microsoft telah memutuskan untuk mengumpulkan dan menggabungkan informasi ke dua file yang disebut registry dalam dua bagian, yaitu : " user.dat dan system.dat ".

Registry ini dimaksudkan untuk mengelompokkan semua informasi konfigurasi secara bersama-sama dan membatasi jumlah file konfigurasi pada hard drive. Registry adalah file yang berisi strukur pohon ( struktur yang bercabang-cabang ) yang dimana pengaturannya di kelompokkan menurut jenis atau kriterianya. Setiap kunci dari elemen konfigurasi terletak di ujung cabang.

Masalah terbesar dari registry ini adalah setelah suatu program terinstal kedalam computer akan menciptakan beberapa kunci di berbagai tempat registry sehingga ketika menghapus ( uninstal ) program yang sudah terinstal dari control panel program tersebut belum terhapus keseluruhannya untuk mengatasi hal ini lakukan dengan melihat caranya disini Cara Uninstal Software Sampai Ke Akarnya .

Registry editor
Untuk menampilkan klik start kemudian run lalu ketikkan regedit kemudian enter
Di dalam tampilan ini anda akan melihat enam cabang yaitu :
<a href='http://baho-punya.blogspot.com' title='Windows Registry'>Windows Registry</a>
  1. HKEY_CLASSES_ROOT yang artinya berisi semua asosiasi file dan nama kunci ( key ) sesuai dengan file tersebut dengan ikon default ( DefaultIcon ).
  2. HKEY_CURRENT_USER pengaturan pengguna, yang terbagi menjadi enam sub kategory yaitu : control panel, software, App Events, layout keyboard, Remote Accsess dan Network.
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE berisi semua informasi yang berkaitan dengan mesin computer seperti hardware, software, network dan masih banyak lagi.
  4. HKEY_USER pengaturan yang secara terpisah
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG pengaturan konfigurasi computer dan jalan pintas yang digunakan pada hkey_local_machine.
  6. HKEY_DYN_DATA jalan pintas hanya untuk di gunakan komponen pada RAM melalui hkey_local_machine ( informasi volatile hanya ada sementara samapi sistem reinitialized ).

Untuk mengetahaui kelanjutannya silahkan sobat blogger coba langsung di computernya yaa. hehehee. Sampai disini dulu ya jika ada kurang berikan masukannya melalui kolom komentar di bawah.Semoga bermanfaat, thanks.


Windows Registry
About
Windows Registry - written by baho-punya.blogspot.com , published at Friday, January 03, 2014, categorized as tips microsoft . And has 35 komentar
35 komentar Add a comment
saya perniah menulis regedit di search menu. Tapi nggak tau maksud nya hehehe :D
ternyata itu windows registry ya. Baru tahu saya mas hehehe :D
Thanks master atas ilmunya ya :)
mbak saya jd maluu ni, saya memang master mbak tapi master gelaap jadi masih ngerab-raba krn gelaap
hahahaaha
Delete
wah tentang registry, hemm blog ini sudah saya follow, kunjungan balik di ikerenki selalu saya tunggu.
Delete
maaf gan, saya akan bertamu ke gubuk agan
Delete
Reply Delete
ane msh mumet ni gan soal regisrty :(
jangan di pikirin gan, hehehehee
Delete
Reply Delete
Saya tobat main registry, soalnya pernah buat bluescreen kompi teman, hehe gara-gara di otak atik
hahahaha, jangan tobat gan coba aja terus di kutak katik,
Delete
Reply Delete
wah saya jadi tau fungsi dari file file tersbut thx sob
Reply Delete
Terima kasih atas infonya tentang Registry ini. Saya sering denger teman-teman saya bahas tentang ini, tapi saya tidak terlalu mengerti. Sekarang saya jadi mengerti :)
senang rasanya bisa membantu sist, heheehe
Delete
Reply Delete
nice info sob, sangat bermanfaat
thanks sob, semoga dpt membantu
Delete
Reply Delete
Cuma bisa nyimak dan saya bookmark sebab saya pakai hp makasih ya nanti tak coba
oce mbak, silahkan di bookmark
Delete
Reply Delete
walah saya gak mudeng ini mending saya numpang nyimak aja deh
hehehehe, monggo silahkan gan
Delete
Reply Delete
Kayaknya otak saya langsung blank sob dapat pelajaran kayak gini :(, harus dibaca berulang-ulang baru bisa menger :D
saya jg awalnya seperti itu sob, hehehehe
Delete
Reply Delete
langsung dipraktekin nggak bisa sob
makasih udah share
sama - sama mbak,
maksudnya ga bisa gmn ??
Delete
Reply Delete
makasih gan udh share, ntar saya coba praktekan
silahkan gan, jgn lp berdoa dl sebelum praktek
hahahahaa
Delete
Reply Delete
Saya ga paham tapi jadi ngerti sudah

Terimakasih
sama2 mbak, semoga bermnfaat
Delete
Reply Delete
Ijin simpan Sob, buat nanti kalau menggunakan windows.

Salam,
monggo silahkan kang, dengan senang hati saya
salam
Delete
Reply Delete
yang sya tahu, komputer tanpa registry gk bakalan hidup nirmal :D
benar gan, tp kebanyakan org tdk mengetahuinya
:)
Delete
Reply Delete
walah mas nggak ngerti saya mas tentang oprating system kompi.. masih belum sampek ilmu saya.. saya nyimak dulu saja deh.. biar paham regedit itu apa hehehehe
heheehe, saya juga masih tahap belajar mas
:)
Delete
Reply Delete
Wah makasih mas atas ilmu yang diberikan :)
sama - sama mas smoga bermanfaat
Delete
Reply Delete
Okesipp berguna banget nihh! :D

kunjungi balik yah broo di http://aakkotor.blogspot.com/
Reply Delete

Terima kasih telah berkunjung, berkomentar lah yang sopan sesuai dengan artikel dan dilarang keras :
1. spam, rasis
2. promosi
3. berkomentar blogwalking
4. link aktif

Bck
Cancel Reply
Subscribe Here

Sign up untuk berlangganan.

Blog Directory
Copyright ©2013 Baho Punya by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->