Komputer Internet dan Informasi Teknologi

Cara Google Mengenali Spam

by baho-punya.blogspot.com , at Monday, March 03, 2014 , has 68 komentar

Mengendentifikasi Dan Memerangi Spam

Banyak cara yang di lakukan google untuk mengetahui situs mana yang termasuk kategori spam, salah satunya dengan membuat kategori spam. Cukup aneh juga kedengarannya, google menyaring spam dan membeda - bedakannya. Spam ini sudah menjadi perbincangan hangat di dunia internet terutama bagi sobat - sobat yang mempunyai web, blogg dan wordpress. Korban dari keganasan algoritma google juga sudah banyak dengan menghapus web dari penelusuran ( search engine ), pada hal situs tersebut sangat bagus dan tidak ada hal yang mencurigakan. 

Menurut si mbah situs muncul dengan berbagi bentuk, ukuran dan terlalu banyak omong kosong yang tidak dapat di mengerti oleh manusia. Nah, yang menjadi pertanyaan saya, situs yang menggunakan bahasa apa yang tidak di mengerti manusia ? kalau masalah bahasa, bukankah google sudah menyediakan translate bahasa ? dari pada banyak pertanyaan kita kembali saja ke topiknya. Berikut ini jenis spam menurut google,
Jenis - Jenis Spam Yang Di Deteksi Google  

Pengalihan Licik atau Penyelebungan
Situs yang masuk kedalam kategori ini adalah menampilkan konten yang berbeda kepada pengguna, berbeda dengan apa yang di tampilkan ke mesin penelusuran atau mengarahkan ulang pengguna ke halaman yang berbeda selain apa yang di lihat google.

Situs Yang Diretas
Mungkin sebagian halaman web telah di masuki pihak ketiga dan menampilkan konten atau tautan yang berisikan spam. Pemilik situs ( admin ) harus segera dan secepatnya mengambil tindakan membersihkan dan memperbaiki situs untuk menjaga keamanan yang ada. 

Teks Tersembunyi atau Penjejalan Kata Kunci
Beberapa halaman situs mungkin berisi teks yang tersembunyi dan menggunakan banyak kata kunci ( keyword ). 
Gawat, hal seperti ini termasuk spam menurut google.  

Domain Yang Di Parkir
Ini adalah situs dengan placeholder sedikit konten unik, jadi google tidak memasukkan domain seperti ini kedalam hasil penelusuran. 

Spam Murni
Yang termasuk dalam kategori ini adalah situs yang menggunakan teknik spam agresif seperti omong kosong yang di buat secara otomatis, peneyelubungan, mencuri konten dari situs lain ( artikel copas ) dan pelanggaran Pedoman Webmaster secara berulang - ulang. 

Dalam hal yang satu ini saya kembali mengajukan pertanyaan kepada diri saya sendiri, apakah artikel ini termasuk mencuri konten ? jika iya, 
saya kan menyertakan sumbernya ? dan saya tidak langsung mengcopy ( ctrl + c ) terus mempublikasikannya tanpa mengedit. 
Kemudian bagaimana dengan situs - situs yang mengambil gambar atau photo dari google ?yang hanya sebagian kecil saja menyertakan sumber gambar atau photo tersebut. 
Apakah itu tidak termasuk mencuri kontent ( copas ) ?
Tolong para master atau pun sobat - sobat blogger dapat membantu saya dengan memberikan jawabannya.

Sebenarnya masih ada jenis spam yang belum saya sebutkan, untuk lebih jelasnya langsung saja sobat menuju sumbernya www.google.com/insidesearchhowsearchwork/fighting-spam.html






Cara Google Mengenali Spam
About
Cara Google Mengenali Spam - written by baho-punya.blogspot.com , published at Monday, March 03, 2014, categorized as Teknologi . And has 68 komentar
68 komentar Add a comment
kalo berbicara soal mencuri konten, itu sudah lumrah terjadi di dunia maya. dan susah untuk di atasi. intinnya sih "mari berpikir positif saja"
jika ada yg mencuri konten atau poto milik kita, itu berarti konten dan poto kita memiliki nilai yg bagus, sehingga membuat org2 tertarik utk mencopasnya.. itu saja deh.. karena sampe kepala kita botak jg gak bakalan ada selesainya masalah ini sob..
setuju
mau diakalin pake cara apa juga susah, gambar yg pakai watermark juga tetep diambil.
Delete
@Penghuni 60 : terima kasih banyak masukkannya mas, sekarang di kembalikan ke diri masing - masing yaa mas :)
@Aisah : oke mbak, yang kita jangan merugikan orang lain saja yaa :)
Delete
mungkin penyebab utama copas karena terbiasa menggunakan windows bajakan.

windows bajakan aja yang ada hukumnya berani membajak, apalagi cuma copas artikel, hehehe.....
Delete
Walah, makin ketat aja nih google. kudu pintar2 menyiasatinya nih.. apalagi kalo nulis artikel kudu benar2 unik ya..
Delete
Reply Delete
saya nyimak mas,,,,
belum paham spam menyepam yg dimaksud google,,,,

oke mbak Maya, mari bersama - sama kita memahaminya :)
Delete
ikut memahaminya juga dunk mas :D
Delete
Reply Delete
Makasih infonya mas, saya beberapa kali menemui kasus pengalihan licik ...
sama - sama mas Isnaeni, semoga masalahnya dapat teratasi
:)
Delete
Reply Delete
wow bahasan menarik sekali gan,, masalah spam ini kadang konten asli juga bisa diindikasikan hasil curian,, contohnya seperti vidio pada saluran ASPeMusik yang saya kelola mulai tahun 2010 lalu,,,

terus terang saya pekerja musik , jadi saben bulan menghasilkan album rekaman, dan untuk dokumen pasti separo dari klip yg saya buat saya simpan di youtube.

dan ketika tahun 2012 kemarin salah satu video yg saya buat di tonton pengunjung lebih dari 5 juta orang, saya ditawari iklan adsense oleh youtube via akun ASPeMusik yg saya kelola..

tapi aneh bin ajaib ketika verifikasi akun Adsense, pihak adsense mencurigai video yg saya tayangkan adalah hasil kopas. Karena memang video tersebut sudah beredar di ribuan website termasuk malaysia dan brunai.. semoga curhat ini di baca coen.

maka kalau sobat mengujungi ASPeMUSIK di youtube, kalau melihat iklan adsense itu sebenarnya sampai sekarang belum terverifikasi.. mulai dari kasus video milik saya di youtube tersebut saya jadi malas upload video di youtube

dan mulai tahun 2012 kemarin seluruh videoku aku upload di medie lain dan ternyata pengujung juga lumayan bagus

oh ya video yg sampai sekarang sudah dibuka 6 juta lebih itu judulnya SUBHANALLOH KISAH NYATA
oke Kang, suatu pengalaman yang luar biasa. berarti pihak google mendeteksinya siapa yang pertama upload yaa mas,
thanks mas saya akan kunjungi ke dua situsnya :)
Delete
bukan siapa yang pertma upload. nyatanya videoku tersebut yg pertama upload aku di aspemusik channel, tapi yg copas dengan cara memundurkan tanggal posting juga didetek sama google sebagai orang pertama yg upload.

mungkin kasus tersebut bisa terjadi kalau feed pada situs tempat upload konten pertama DNS-nya lagi errror atau sengja ada yang membuat spam error. dengan cara menautkan link yg putus atau tidak lengkap
Delete
ooh, begitu toh kang, berarti google tidak fair yaa mas, karena yang upload belakangan itu kan bisa di cek tanggal asli nya. thanks Kang penjelasannya :)
Delete
Reply Delete
ijin nyimak aja mas
saya kurang begitu paham
mau komentar takut salah nanti :D
waah, jangan begitu mas Onqi
saya juga masih belajar memahaminya
:)
Delete
Reply Delete
Saya kurang paham dengan spam Mas Ferdon malahan saya baru baca
Detail tentang spam di artikel ini. makasih atas info yang bermanfaat ini :)
sama - sama mas Saud
saya sebenarnya juga belum terlalu mengerti
:)
Delete
Reply Delete
Banyak sekali ternyata macam-macam sepam ini ya,,,
Yang saya tau spam itu yang sering jualan obat di kolom komentar, Ternyata itu ngak masuk sepam ya :) Makasih sob infonya.
termasuk juga sob, nanti lama - lama itu kena banned juga sama si mbah
:D
Delete
Reply Delete
ternyata ada juga spam murni ya.. terima kasih di atas informasi ini..
ada mbak Aiza, itu lah yang megherankan :)
Delete
Reply Delete
situs yang diretas juga dianggap spam, waduh..
termasuk mbak, kalau situs yang di retas itu melanggar kebijakan google
:)
Delete
Reply Delete
wah menambah pengetahuan saya tentang spam nih, jadi bisa lebih berhati hati
terima kasih kunungannya sob
:)
Delete
Reply Delete
Sebagai blogger yang baik saya tidak suka akan artikel copas. Tp mash byk yang berkelakuan spt itu kan percuma.
Reply Delete
Blog atau Website SPAM tentunya sangat dibenci oleh Pihak Google ya Mas, semoga saja ke 7 website Bisnis Online yang saya kelola tidak termasuk SPAM di mata Eyang google...
selama tidak melanggar kebijakan - kebijakan google
saya rasa akan aman terus mas :)
Delete
Reply Delete
spam bahaya banget ya mas
banyak sob, makanya harus behati - hati
hehehehe
Delete
Reply Delete
http://ikerenki.blogspot.com/2014/03/proyek-nusajawacom.html kalau gitu nyepam bukan wkwkwkwkwkkwwkkwkwwkwkwk
tergantung penilaian diri masing - masing mas
kalau mas itu merasa bukan spam yaa berarti bukan, silahkan saja di lanjutkan mas
salam blogger :)
Delete
Reply Delete
semoga saja blog saya tidak di anggap spam oleh google.. :)
saya juga berharap demikian mas, :D
Delete
Reply Delete
Ulasan yang bagus Kang, tapi bagi kami yang penting enjoy aja Ngeblog.
saya sependapat mas Cahyo
:)
Delete
Reply Delete
Penting ini. Agar kita juga bisa mengenali lebih dalam bentuk-bentuk spam :)
terima kasih sob, mudah - mudahan bermanfaat :)
Delete
Reply Delete
Wah terimakasih penjelasanya ya mas. Mungkin dengan mengetahui jenis jenis yang di anggap spam oleh google. Kita bisa berhati hati ya mas.
tepat sekali mas Nady, kita harus selalu waspada
:)
Delete
Reply Delete
harus hati2 dalam bikin kata kunci berarti
benar sekali mas, kata kunci yang berlebihan juga tidak bagus :)
Delete
Reply Delete
salam kenal bagus gan info nya
salam kenal juga sob.
thanks sudah mampir
Delete
Reply Delete
Trus bagaimana agar terhindar dari serangan spam mas?
menghindari semua larangan si mbah mas, termasuk hal yang di atas
untuk lebih lengkapnya lihat kebijakan atau peraturan yang di terapkan si mbah mas :)
Delete
Reply Delete
saya rasa ada beberapa hal yang belum disbutkan diatas, contohnya pencarian backling yang tidak alami.
mas Ikhsan benar sekali, thanks tambahannya mas :)
Delete
Reply Delete
memang sangat ketat nih dalam hal spam gogle ini.. harus lebih banyak belajar.. dan belajar ya sob :)
iya mas, sepertinya kita memang di tuntut belajar terus dan tidak ada habisnya :)
Delete
Reply Delete
wah harus benar-benar mempelajari mengenai spam nih biar artikel kita tidak dianggap spam oleh google, makasih sharingnya mas :)
nah itu dia mas, makanya saya banyak membuat pertanyaan di atas
thanks mas :)
Delete
Reply Delete
kalau ngambil gambar hrs disertai sumber pemilik gambar asli, bukannya sumber yg sama2 mengcopas gambar :D caranya adalah dgn melakukan penelusuran gambar utk mncari sumber asli :)

makasih sharingnya mas ferdon, sangat membantu saya memahami spam :)
benar sekali pendapat mbak Indri, terkadang itu yang saya bingungkan
thanks mbak masukkannya :)
Delete
Reply Delete
wah hebat juga ya google dengan sistem nya bisa mengidentifikasi spam secara otomatis. Berarti harus hati hati ya mas kalau ngeblog agar blog nya tidak dianggap spam dan dihapus sama mbah gugel :)
teknologi robot si mbah memang topnya mbak, tepat sekali mbak Eka kita harus hati - hati ngeblogg, malah saya banyak belajar dari tempatnya mbak :D
Delete
Reply Delete
makanya blajar jadi blogger jujur :)
benar sekali tuh mas Alfian, kalau jujur pasti banyak pengunjungnya :)
Delete
Reply Delete
Kita memang di tuntut harus tetap belajar dari setiap perkembangan dunia internet, karena setiap ketentuan yang di ataur dengan google bersumber dari perkembangan dan m=penyelesaian permasalahan dari setiap kasus yang ada ya Mas.

Salam
waah, bagus sekali pendapatnya mas
terima kasih tambahannya mas Indra :)
Delete
Reply Delete
Kalau kita mengikuti semua aturan google justru akan terjebak ke dalam aturan spam itu sendiri, maka ora dipikirin bae yang penting kita enjoy ngeblog dan terus posting artikel original.
Reply Delete
kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^
Reply Delete
berhubung saya baru mengetahui jenis - jenis spam disini, jadi saya bacalagi deh mas biar paham tentang spam.
Reply Delete
Wah ada juga pembahasan mbah google yang detect spam.. Hehe..
Blog saya sudah 3x dianggap spam sama is mbah..pdhl umur'a baru 3 bulan.. Eh td udh dibuka lagi blog yg dianggap spam sm is mbah..pdhl sy udh buat blog baru lagi..skrg sy bingung? Apa sy hapus saja blog yg dianggap spam yg dmn artikel'a msh ada atau blog baru sy yg berumur 2 hari yang ada 2 artikel..mohon bantuannya..
Reply Delete

Terima kasih telah berkunjung, berkomentar lah yang sopan sesuai dengan artikel dan dilarang keras :
1. spam, rasis
2. promosi
3. berkomentar blogwalking
4. link aktif

Bck
Cancel Reply
Subscribe Here

Sign up untuk berlangganan.

Blog Directory
Copyright ©2013 Baho Punya by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->