Google Analytics
Web site yang satu ini dapat menjadi salah satu teman terbaik
untuk mengelola website dan memahami seberapa baik penayangan web. Kebanyakan
orang tidak melihat lebih jauh bahkan tidak perduli dengan jumlah pengunjung,
sumber lalu lintas dan tingkat bounce, pada hal ada begitu banyak hasil yang di
dapat jika memperhtikan hal – hal tersebut. Di bawah ini ada empat tips yang mungkin
dapat membantu anda memanfaatkan alat ini dan secara bebas mempelajari lebih
lanjut tentang orang-orang yang mengunjungi website anda.
1. Menghubungkan dengan Google Webmaster Tools
Untuk mengakses satu set laporan di bawah tab " Search
Engine Optimization ", anda perlu menghubungkan GA ( Goolge Adsense ) anda dengan GWT (
Google WebMaster Tool ).
Pelaporan yang terdapat pada google analytic, dimana anda akan menerima dan melihat ( Pertanyaan,
Halaman Arahan dan Ringkasan Geografis ) akan membantu anda mengidentifikasi
hal-hal seperti kata kunci yang memberikan posisi rata-rata baik tapi CTR
rendah ( mengubah judul dan deskripsi meta dapat meningkatkan RKPT ) , halaman
arahan yang memiliki posisi rata-rata rendah tapi CTR yang baik ( maka anda
hanya perlu mengoptimalkan halaman tersebut untuk meningkatkan peringkatnya), dimana
dan siapa target pasar web anda.
Menggunakan laporan email untuk berkomunikasi secara efektif
tentang data GA ( Google Adsense ). Anda dapat mengirim data dalam format yang
berbeda ( CSV , PDF , XML ) , dengan cepat atau secara reguler ( harian,
mingguan , bulanan, kuartalan ) , klik pada tombol Email di bagian atas laporan
yang ingin anda kirim. GA bahkan memungkinkan anda untuk memilih hari dalam
seminggu untuk mengirimkan data.
3. Aktifkan Site Pencarian
Untuk mengaktifkan Site pencarian ( search ). Selanjutnya cari situs
pencarian di Google Analytics di bawah tab "Kontent". Ini adalah
fitur yang sangat bermanfaat yang dapat di gunakan untuk mencari tahu bagaimana
orang-orang terlibat dengan situs web anda , dan dalam jenis konten apa mereka
tertarik. Ini dapat memberikan anda frase yang tepat untuk orang yang mengetik
di search egine dan benar-benar dapat digunakan untuk mengoptimalkan halaman
web dan mengarahkan arus lalu lintas lebih mempunyai target. Jika anda
menjalankan situs e –commerce ( jualan online ), anda dapat mengetahui produk
apa yang mungkin ingin dimasukkan dalam rangka meningkatkan penjualan anda ,
dan jika website adalah sebuah blog, itu akan memberikan anda satu ton ide
untuk membuat artikel. Jika membicarakan masalah pencarian, di artikel sebelumnya saya juga sudah membahas 10 Tips Pencarian Google yang dapat menambah informasi untuk anda.
4. Menetapkan Tjuan Konversi
Ketika menetapkan tujuan konversi , terkadang kita harus
mulai dengan bertanya pada diri sendiri apa tujuan utama dari situs yang kita
buat, apakah itu menjual barang atau jasa, membuat pendapatan dari iklan.
Menyiapkan tujuan harus didasarkan pada tujuan bisnis anda, misalnya jika web
site menjalankan situs e -commerce, tujuan anda mungkin untuk memantau formulir
kontak penyelesaian atau tingkat konversi untuk produk anda, jika menjalankan
sebuah blog, anda dapat mengukur iklan yang berkinerja terbaik untuk blog anda,
dll.
Menyiapkan keyword akan membuat anda mendapatkan wawasan
tentang apa kata kunci dan sumber lalu lintas yang mengirimkan konvensi pengunjung, dari halaman mana mereka mencari untuk newsletter anda,
dan segala macam lainnya. Dari hal-hal tersebut akan membantu dalam mengelola website
sesuai dengan perilaku pengunjung.
Jika anda telah bekerja keras untuk mengoptimalkan situs (
blog, wordpress ) untuk mesin pencari atau search engine dan mempublikasikannya
kepada pengunjung ( publik ), maka jangan biarkan pengunjung meninggalkan kesan yang tidak
menyenangkan. Gunakan metrik dan wawasan untuk meningkatkan pengalaman
pengunjung dengan memberikan serta menyediakan apa yang mereka cari dan apa
yang dibutuhkan.
di coba aja lagi
:)
mudah-mudahan ada manfaatnya
:)
thanks mas :)
:)
wkwkwkwkwkw
:)
hrus dicoba nih tips nya :)
thanks mbak
:)
:)
:)
hehehe
google yang satu berperan penting
;)
:)