Komputer Internet dan Informasi Teknologi

Tips Mengamankan Jaringan Wifi

by baho-punya.blogspot.com , at Saturday, February 15, 2014 , has 37 komentar

Jaringan Nirkabel

Hal yang perlu disadari adalah bahwa jaringan nirkabel tidak hanya membagikan ( share ) di wilayah anda, kegunaan jaringan nirkabel ini bisa and baca di Manfaat Wifi yang sudah di bahas sebelumnya.
Teknologi nirkabel menyediakan konektivitas jarak jauh yang tidak dapat dibatasi , yang berarti bahwa siapa pun yang termasuk dalam jangkauan jaringan bisa mendapatkan akses.
Hal ini dapat membiarkan orang lain untuk menggunakan internet secara gratis. Ini bisa membuat rentan terhadap pelanggaran privasi, yang dapat menyebabkan sesorang bisa memantau dan mencegat paket data yang sudah pastih merugikan anda. Berikut inilah yang dapat anda lakukan untuk mengamankan wifi.

Mungkin ukuran yang paling penting yang dapat Anda ambil untuk melindungi jaringan anda adalah dengan menggunakan enkripsi. Hampir semua router dan perangkat nirkabel menawarkan beberapa bentuk enkripsi, yang mengacak data yang dikirimkan dari, dan, ke router Anda , membuat informasi jaringan Anda terbaca untuk orang luar. Mengenkripsi jaringan melibatkan membuat password atau passphrase yang sulit ditebak. Tetapi perhatikan di sini bahwa , sementara ada berbagai bentuk enkripsi yang tersedia untuk jaringan nirkabel, tidak semua dari jaringan router ini aman.

http://baho-punya.blogspot.com/2014/02/cara-mengatasi-windows-7-yang-lambat.html

WEP
Bentuk yang paling dasar dan sudah lama ( tua ) adalah enkripsi nirkabel yang sering digunakan adalah WEP ( Wired Equivalency Privacy ), yang memanfaatkan password menggunakan 10-58 digit , 0 sampai 9 dan A sampai Z. Cara seperti  ini dianggap sudah tidak aman lagi karena akan dapat dengan mudah di tebak. Hanya dalam beberapa menit menggunakan hardware off - the-shelf dan perangkat lunak. Jika anda masih menggunakan alat dengan sistem tersebut , sebaiknya anda meningkatkan password jaringan wifi untuk kenyamanan.

WPA dan WPA2
Sitem ini di kembangkan untuk mengatasi kelemahan dalam WEP. WPA dan WPA2 ( Wi - Fi Protected Access ) adalah mode enkripsi yang paling banyak digunakan pada saat sekarang ini di jaringan nirkabel. Dengan menggunakan kedua password dan passphrase untuk mengamankan jaringan nirkabel. Sandi adalah salah satu kelompok huruf , angka dan karakter tanpa spasi sedangkan passphrase adalah string karakter yang dikelompokkan mencakup ruang dan menjadi sebuah pasword, seperti " IN1 AD4L4H ap @ ssphr4s 3" . Passphrase akan jauh lebih sulit untuk ditebak daripada password sederhana.

Gunakan Firewall
Hardware firewall memberikan garis pertama pertahanan terhadap serangan yang datang dari luar jaringan , dan sebagian besar router sudah mempunyai firewall, memeriksa data yang masuk dan keluar serta memblokir aktivitas yang mencurigakan. Kedua perangkat tersebut biasanya disetting dengan pengaturan default. Kebanyakan firewall menggunakan packet filtering , yang tampak pada header dari sebuah paket untuk mengetahui sumber dan alamat tujuan nya. Informasi ini dibandingkan dengan seperangkat aturan yang telah ditetapkan atau pengguna bisa mengatur apakah paket itu sah atau tidak, dan dengan demikian apakah itu akan diizinkan atau dibuang. Jika firewall tidak yakin tentang program tertentu dapat meminta pengguna apa yang harus dilakukan sebelum di blok atau mengizinkannya.

Mengubah nama wifi ( router ) dan sandi
Dengan pengaturan default akan memudahkan seseorang menggunakan jaringan wifi, terutama karena nama admin dan password default sering di pakai pada router itu sendiri untuk memungkinkan akses cepat dari orang yang tidak di inginkan. Mengubah nama wifi dan password secara berkala akan membuat lebih sulit bagi penjahat untuk mendapatkan akses .

Mengubah ID jaringan default
Hampir semua router berawal dengan ID jaringan default yang disediakan oleh produsen . Hal ini dapat memberikan sedikit petunjuk untuk identitas router sehingga membantu mereka ( orang usil ) menemukan titik-titik lemah yang lebih mudah . Mengubah ini biasanya berarti akan pengaturan keamanan router dan mengubah nama di sana . Selalu menyimpan catatan dari apa ID jaringan , dan menempatkan bahwa di suatu tempat yang aman .

Menonaktifkan ID jaringan
Ketika diaktifkan , router nirkabel akan menyiarkan ID jaringan ( atau SSID ) . Sementara ini berguna untuk koneksi antar perangkat , setelah mereka terhubung anda dapat menonaktifkan broadcast sehingga router beroperasi di lebih dari mode stealth .

Aktifkan otentikasi MAC
Anda dapat membatasi yang mengakses jaringan nirkabel lebih jauh dengan hanya mengizinkan perangkat tertentu yang dapat menyambung ke perangkat. Setiap perangkat nirkabel akan memiliki nomor seri yang unik yang dikenal sebagai alamat MAC , dan otentikasi MAC hanya memungkinkan akses ke jaringan dari satu set alamat yang didefinisikan oleh administrator. Hal ini untuk mencegah perangkat yang tidak sah mengakses jaringan wifi.

Semoga dapat membantu permasalahan jaringan wifi anda.
Tips Mengamankan Jaringan Wifi
About
Tips Mengamankan Jaringan Wifi - written by baho-punya.blogspot.com , published at Saturday, February 15, 2014, categorized as tips and tricks . And has 37 komentar
37 komentar Add a comment
Gak paham gan
bisanya makek aja
hehe
heheheh, mas Onqi jangan merendah gitu jadi sungkan saya :)
Delete
Reply Delete
Tentunya password mas hehee
salah satunya untuk mengankan wifi tentunya password sob
:)
Delete
Reply Delete
sip gan,ane ikut nyimak..
oke deh mas kudhen, mudah-mudah'an dapat disimak dengan baik :D
Delete
Reply Delete
disimak dulu, belum punya wifi soalnya.

sebenarnya ada banyak wifi yang terdeteksi di laptop, tapi semuanya di password, jadi kaga bisa make deh. Mungkin yang punya Wifi udah baca artikel ini kalli. jadi WIFInya di amankan. heehehhheee...
semoga mereka yang make wifi cepat mengamankannya mas
:)
Delete
Reply Delete
mantap nih gan.. jadi tay bnetuk-bentuk pengamanan wifi.. :)
iay sob, biar ga digunakan orang lain jaringan wifinya :)
Delete
Reply Delete
biasanya jaringan wifi di kantor atau pun disekolahan/kampus itu ada pasword nya mas hehee bikin males aja deh soalnya nggak bisa ngenet gratissss :D
nah itu dia mbak, salah satu pengaman wifi
hehehehe
Delete
Reply Delete
banyak juga ya mas tips mengamankan wifi nya..
tks sharingnya..:)
seep mas Arif, semoga dapat membantu :)
Delete
Reply Delete
saya masih pake data plan gan
oke mabk Indah, keep spirit :)
Delete
Reply Delete
selamat Sore Mas. wah sepertinya beberapa Tips di atas bisa saya terapkan di Tempat saya Mengajar, kebetulan saya juga sebagai Tentor di Gajahmada di mana di tempat saya mengajar ada fasilitas WiFinya mas...
selamat mencoba mas, mudah-mudah'an jaringan wifinya aman terkendali :)
Delete
Reply Delete
Masih bingung dengan jenis-jenis wifi, karena belum pernah mempelajari
di baca aja artikel-artikel di blogg ini sob, di sini lengkap semua
hehehehe
Delete
Iya tapi kan harus praktek juga, sementara gak memungkinkan hehe
Delete
Reply Delete
thanks nh gan infonya., bermanfaat banget gan :)
Reply Delete
Dikantor wp disetting masing-masing sama adminnya mas, komputer atau laptop kita di daftarin dulu, baru bisa di pake.. kl ga gitu ga bisa :D
pengamanan yang sangat bagus tuh sob
dan harus di jaga :)
Delete
Reply Delete
Makasih tipsnya mas sangat bermanfaat
cuman itu yang bisa saya berikan sob, heheheeh
:)
Delete
Reply Delete
makasih infonya mas, jadi tahu saya sekarang mengenai tips mengamankan jaringan wifi :)
sama - sama mas Eka, thanks kunjungannya :)
Delete
Reply Delete
kalo bisa internetan pake wifi enak kali ya mas, sayangnya biasanya suka ada passwordnya mas :)
yaa mas Marnes, kebanyakan wifi sekarang di lock
:)
Delete
Reply Delete
Perlu diamankan haha
delapan enam, tsk sudah di amankan
hahahaha
Delete
Reply Delete
iya sih memang banyak wifi yang di lock,tapi tidak sedikit yang dibebaskan untuk dipakai siapa saja,ini biasanya di tempai wisata,rumah makan dan cafe,dilingkungan kerja saya juga bebas wifi lho hehe
tepat sekali itu mas Dede, saya jadi kepingin ke tempat kerja mas Dede nih ada wifi gratisan, hehehehe
Delete
Reply Delete
Sebelumnya terimakasih banget mas baho atas penjelasanya.
Tapi kali ini saya nyimak saja ya mas. Soalnya di desa saya nggak ada wifi. Jadi saya masih awam dengan wifi mas. Hehehehehe
mas Nady thanks yaa sudah mampir :)
Delete
Reply Delete

Terima kasih telah berkunjung, berkomentar lah yang sopan sesuai dengan artikel dan dilarang keras :
1. spam, rasis
2. promosi
3. berkomentar blogwalking
4. link aktif

Bck
Cancel Reply
Subscribe Here

Sign up untuk berlangganan.

Blog Directory
Copyright ©2013 Baho Punya by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->